Cara Tanam Cabai Dengan Sistem Mulsa Plastik

Budidaya cabai  Sistem mulsa
Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Menanam tanaman Cabe merupakan suatu kegiatan budidaya pertanian yang dapat dibilang cukup menarik serta menguntungkan dibandingkan dengan menanam tanaman hortikultura yang lain.

Menanam cabe juga memerlukan keahlian dan intensitas perawatan yang lebih intensif. Belakangan ini telah banyak di lakukan para petani cabe hibrida sistem mulsa plastik hitam perak (MPHP) dan mulai dipraktekkan pada cabe  Hero, Hot Beauty,  Ever-Flavor, Long Chili, maupun pada cabe Paprika.

Mungkinkah juga di lakukan pada usaha tani cabe keriting hibrida maupun cabe kecil (rawit, cengek) hibrida.

Alasan utama sistem mulsa plastik hitam perak digunakan pada cabe-cabe hibrida adalah untuk mengimbangi biaya pengadaan mulsa plastik hitam perak dari peningkatan hasil cabe yang lebih tinggi daripada cabe biasa, sehingga secara ekonomis menguntungkan.

Budidaya cabe hibrida dengan sistem mulsa plastik hitam perak merupakan perbaikan kultur teknik ke arah yang lebih intensif. Pada umumnya sistem budidaya cabe di pusat-pusat produksi cabe masih menggunakan benih lokal dan populasi tanaman per hektarnya tinggi.

Populasi atau banyaknya tanamanyang sangat rapat ini dapat mengakibatkan penangkapan sinar matahari setiap tanaman berkurang dan kelembaban udara di sekitar kebun menjadi tinggi. Kelembaban yang tinggi akan menyebabkan meningkatkan serangan hama dan penyakit.

Perbaikan kultur teknik budidaya cabe secara intensif untuk meningkatkan produksi maupun kualitas hasil, diantaranya adalah penggunaan benih unggul dari varietas hibrida yang bermutu tinggi, penerapan mulsa plastik hitam perak pemupukan berimbang, pengendalian hama dan penyakit, serta cara-cara lain yang khas seperti pemasangan turus dan perempelan tunas ataupun daun. Kegiatan pokok teknik budidaya cabe hibrida sistem mulsa plastik hitam perak meliputi:

Penyiapan Lahan

Pada budidaya cabe hibrida skema mulsa plastik hitam perak penyiapan tempat harus di prioritaskan kemudian diikuti dengan penyiapan benih atau pembibitan. Tujuannya supaya tanah untuk media tanam betul-betul sudah masak serta baik untuk ditanami. Sebaliknya, jika pembibitan diprioritaskan, karena itu penyiapan tempat akan tergesa-gesa, hingga tanahnya belum masak betul serta bibit sudat sudah terburu tua. Bibit cabe hibrida umumnya siap dipindahkan berikan dari persemaian ke lapangan (kebun) pada usia 17 – 23 hari (berdaun 2 – 4 helai). Jika bibit telat dipindahkan berikan (sudah terburu tua), karena itu perkembangan bisa kurang maksimal serta produksinya turun (rendah).

Kriteria tempat untuk kebun cabe hibrida skema mulsa plastik hitam perak ialah :
Tempatnya terbuka agar mendapatkan cahaya matahari dengan cara penuh.

Tempat tanam bukan sisa pertanaman yang sefamili, seperti kentang, tomat, terung atau tembakau buat hindari efek gempuran penyakit. Tempat yang terbaik ialah berbentuk tanah sawah sisa tanaman padi, supaya tak perlu bajak cukup berat. Tempat tegalan (tanah kering) bisa dipakai, asal cukup ada air.

Persiapan Lahan

Pada ini kita harus sediakan sebidang tanah yang telah dibikin bedengan. Bedengan ialah tempat yang telah dibuat seperti gundukan memanjang untuk tempat menanam cabe.

Tanah bedengan harus telah diproses, yakni digemburkan, dikasih air serta pupuk supaya tanah bisa jadi tempat tumbuh yang wajar. Kemudian lapisi semua bedengan dengan plastik spesial yang selanjutnya dilubangi untuk tempat menanam benih cabe. Jarak di antara satu cabe yang lain ialah seputar 50-70 cm.

Persiapan Bibit

Langkah menanam cabe yang baik ialah pilih bibit yang bagus. Pilih bibit cabe yang bermutu yang dapat Anda dapatkan pada penjual bibit-bibit tanaman yang telah paling dipercaya. Anda dapat juga mendapatkan bibit cabe dengan ambil biji dari cabe tersebut serta menyemainya.

Semai biji cabe itu pada suatu polybag yang telah berisi kombinasi tanah serta pupuk kandang (satu polybag berisi satu biji cabe). Siram dengan air sedikit saja supaya tanah masih basah serta lembab.

Sesudah seputar 20-30 hari, bibit cabe akan ada serta siap untuk dipindahkan berikan ke bedengan yang telah disediakan.

BACA JUGA
Ingin Budidaya Alpukat di Dalam Polybag? Ini Dia Caranya
Cara Praktis Pembibitan Tomat Dengan Polybag?
Cara Menanam Cabai Hidroponik Dengan Polybag


Penanaman

Salah satunya langkah bertani budidaya cabe mencakup langkah menanamnya. Pilih bibit cabe yang sehat dengan ciri mempunyai tangkai kuat serta mempunyai daun sekitar kurang lebih 5-6 helai.

Terlepas plastik polybag penyemaian serta alihkan bibit cabe itu pada bedengan waktu matahari tidak terik (lebih bagus sore atau pagi) Jika bibit cabe sudah dipindah dalam tempat yang luas, selekasnya berikan pupuk serta air seperlunya.

Perawatan

Perawatan tanaman cabai merupakan hal yang penting dalam tehnik budidaya menanam cabe. Perawatan mencakup penyiraman, pemupukan, dan pengaturan hama dan penyakit.

Penyiraman dapat dilaksanakan sekali dalam satu hari untuk jaga tanah tidak kering serta pemupukan bisa dilaksanakan sekali dalam 1 minggu. Untuk hama, Anda dapat memakai obat atau pestisida yang dapat diperoleh di beberapa toko kimia atau pertanian.

Panen

Jika tanaman cabai telah berbuah serta cukup masak, selekasnya petik buah itu saat pagi hari. Buah cabe yang baik untuk dipanen ialah buah cabe yang tidak muda dan juga tidak masak. sesudah diambil, selekasnya taruh cabe-cabe itu dalam tempat yang kering serta sejuk. Cepatlah kirim cabe yang sudah di petik ke pasar.

Yup, sampai juga kita di ujung pembahasan untuk artikel ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, Sekian dan Terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama