Pengertian Mulsa Plastik dan Tanaman yang Bisa Menggunakan Mulsa


Mulsa plastik ialah salah satu material berbentuk lembaran plastik, sering digunakan untuk penutup lahan tanaman. Tujuan penggunaan mulsa plastik ialah melindungi permukaan tanah dari terjadinya erosi, dan menjaga struktur tanah, dan juga dapat mencegah perkembangan pada hama dan gulma. Mulsa mempunyai fungsi yaitu dapat mencegah erosi, memperlambat penguapan, mencegah pertumbuhan pada gulma menambah nutrisi pada tanah, dan menyeimbangkan suhu pada tanah. Mulsa plastik terdapat 2 jenis yaitu organik dan anorganik. Organik terbuat dari bahan alami contohnya seperti kulit kayu, kompos, daun, potongan rumput, jerami, dan serbuk gergaji. Anorganik terbuat dari buatan manusia, seperti kain lanskap, plastik, karet, batu, ataupun kerikil.

Berikut beberapa tanaman cocok untuk mulsa plastik:

Baca Juga:


1. Cabai

Mulsa plastik berguna untuk menjaga tanaman, terutama pada cabai. plastik mulsa berfungsi untuk menjaga tekstur tanah supaya tidak mudah kering dan gulma yang mengganggu nutrisi tanaman pada induk. Jika banyak gulma dan tanah kondisi saat kering, Maka penyerapan nutrisi pada tanaman tidak akan menjadi maksimal. Nutrisi yang tidak bisa diserap secara maksimal bisa mempengaruhi pertumbuhan cabai.


2. Tomat

Tak heran jika petani memperluang untuk membudidayakan tomat yang sangat tinggi. Bebeapa petani sukses untuk menanam tnaman tomat ini sebab petani menggunakan mulsa plastik Hitam Perak. Sistem ini dapat menguntungkan produksi lebih tinggi dan buah akan lebih baik.




3. Terong

Tanaman terong cukup terkenal dimasyarakat Indonesia. Menanam tanaman terong saat menggunakan mulsa membagikan banyak manfaat, mulai dari mencegah bertumbuhnya hama dan menjaga kelembaban pada tanah dan manfat lainya. Jika kamu ingin menanam tanaman terong ini gunakan mulsa plastik agar memastikan memberikan hasil yang terbaik. Mulsa yang dapat memberikan hasil yang terbaik ialah mulsa hitam perak.


4. Wortel

Hujan dan musim kemarau yang berkepanjangan akan mengakibatkan pembetukan dan kualitas pada umbi wortel. Permasalahan ini dapat diatasi dengan mungggunakan mulsa palstik. Beberapa penelitian  mengetahui tujuan untuk memilih jenis mulsa yang sesuai, yaitu dengan menggunakan mulsa plastik hitam perak. Plastik tersebut akan memberikan pertumbuhan pada tanaman wortel lebih baik.


5. Melon

Buah melon meruapakan salah satu tanaman yang bisaq dibudidayakan dengan menggunakan plastik mulsa. Banyak sekali petani yang menggunakan plastik mulsa untuk membantu media tanam. Namun tidak hanya sedikit juga yang menanam melon di dalam rumah tanam.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama