Si Putih Yang Mistis:Inilah Fakta Unik Tentang Bunga Melati




Bunga melati adalah salah satu bunga yang digemari karena keindahan dan aromanya yang wangi. Bunga yang merupakan tanaman hias yang tumbuh perdu ini mempunyai ketinggian mencapai 4 meter. Akan tetapi, ada pula bunga melati yang tumbuh secara merambat yang biasanya mempunyai panjang mencapai 9 meter.

Bunga melati berasal dari Himalaya serta dianggap sebagai tanaman sakral di negera India karena mempunyai nilai spiritual yang kuat dan dijadikan sebagai simbol harapan dalam agama Hindu.

Di Indonesia, jenis melati putih dijuluki “puspa bangsa” serta dijadikan simbol nasional. Bunga ini sering juga dijadikan sebagai pelengkap dalam acara-acara tradisional seperti acara pernikahan. Tak jarang pula di beberapa daerah, bunga ini dikaitkan dengan hal yang berbau mistis.

Baca juga:
Habitat tanaman ini ialah daerah yang beriklim hangat. Karakteristik utama dari bunga ini tak lain adalah aromanya yang sangat wangi, bahkan aroma harum bunga ini konon akan lebih semerbak pada malam hari. Karena terkenal karena aromanya tersebut, banyak produk-produk kecantikan menjadikan tanaman bunga ini sebagai bahan pemuat parfum dan juga kosmetik.

Bunga ini mempunyai daun yang berbentuk pinnatus atau majemuk serta menyirip yang berarti daun dan tunasnya tumbuh pada sisi kanan dan kiri batangnya. Pada sisi pinggirnya pun tidak rata dan sedikit bergelombang dengan permukaan keriput.

Kebanyakan jenis bunga melati berwarna putih dan berukuran kecil yang akan menghasilkan 7 mahkota bunga yang indah namun berbentuk datar, sehingga kelopak bunga pada melati tidak ditemukan.

Manfaat Bunga Melati

Selain memiliki keindahan dan aroma yang menenangkan, ternyata bunga melati dapat pula diolah menjadi tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu olahan melati adalah teh melati.

Teh melati memliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk menurunkan kadar kolestrol, meningkatkan sirkulasi darah serta mencegah pembukuan pada darah yang dapat menyebabkan stroke.

Selain manfaat di atas, berikut ini beberapa manfaat lain yang dapat anda peroleh dengan mengonsumsi teh melati antara lain sebagai  berikut.
Dapat Menghilangkan Stress dan Ketegangan
Aroma yang dihasilkan dari melati memiliki efek yang menenangkan dan sangat efektif dalam menghilangkan stress. Selain itu, teh ini juga dapat mengurang ketegangan otot yang menyebabkan sakit kepala serta nyeri otot.

Mengurangi Resiko Kanker

Antioksidan yang terkandung dalam teh melati dapat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas menumpuk dalam tubuh yang menimbulkan perkembagan sel kanker. Untuk itulah, dengan rutin mengonsumsi teh melati, maka akan mengurangi resiko terkena kanker.

Mencegah Penuaan Dini

Masih dengan kandungan antioksidannya, rutin mengonsumsi teh ini juga mampu mencegah penuaan dini. Karena zat antioksidan yang terkandung dalam melati dapat membantu mencegah stress dan rasa cemas.

Menghilangkan Bau Badan

Aroma wangi yang dihasilkan bunga melati dimanfaatkan oleh berbagai jenis produk kecantikan dan minyak wangi sebagai bahan baku pembuatannya. Akan tetapi, melati dapat pula diproduksi secara manual untuk mencegah bau badan. Caranya, siapkan kurang lebih 30 kuntum melati lalu masukkan ke dalam wadah berisi air. Kemudian tutup wadah dengan plastik, biarkan selama satu malam. Keesokan harinya anda dapat meminum air rendaman tersebut.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama