Fakta Menarik Jeruk Maroko yang Jarang Diketahui Orang!

 

Jeruk Maroko atau biasa dikenal juga sebagai jeruk keprok, ini adalah salah satu varietas dari jeruk mandarin. Jeruk yang dikenal dengan rasa yang kuat dan manis, sehingga cocok dijadikan hidangan penutup makanan berat. 

Jeruk Maroko kaya akan vitamin C dan mengandung vitamin A dalam jumlah sedang. Setidaknya dalam 100 gram jeruk Maroko terdapat sekitar 14 persen dari asupan vitamin A harian yang direkomendasikan. Berikut sejumlah manfaat kesehatan saat rutin mengonsumsi jeruk Maroko:

Baca juga:

1. Kesehatan Kulit

jeruk Maroko mempunyai kadar vitamin C sehat yang meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin ini berperan dalam memproduksi kolagen untuk membuat kulit lebih kenyal dan awet muda. Vitamin C juga terbukti mampu mencegah dan mengobati kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Kesehatan Mata

Manfaat lain dari vitamin C dalam jeruk maroko ialah mendukung kesehatan mata, sehingga menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia. Terdapat bukti bahwa vitamin C dan nutrisi antioksidan lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mata lebih lama.

3. Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian selama lima tahun terhadap lebih dari 500.000 orang dewasa menunjukkan bahwa makan setengah cangkir buah segar sekali sehari signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Peserta yang makan buah setiap hari mempunyai kemungkinan 33 persen lebih kecil untuk meninggal akibat serangan jantung atau stroke. Jeruk maroko menjadi pilihan yang bagus untuk pemenuhan vitamin C harian tersebut, sebab kaya akan vitamin C.

4. Mengurangi Peradangan

kandungan vitamin C dan antioksidan kuat pada jeruk maroko bermanfaat memblokir kerusakan sel dalam tubuh akibat radikal bebas. Kerusakan tersebut—disebut stres oksidatif— yang menyebabkan peradangan. 

Beberapa kondisi klinis, termasuk rheumatoid arthritis, kanker, penyakit radang usus, penyakit neurodegeneratif, masalah kardiovaskular, diabetes dan proses penuaan, dapat terjadi akibat adanya peradangan kronis.

5. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk maroko juga berkontribusi pada pencegahan stres oksidatif yang menyebabkan penuaan dini. Ini membantu tubuh menua secara sehat dan sesuai dengan umur yang seharusnya.

6. Manajemen Diabetes

Para ilmuwan berpendapat bahwa antioksidan dalam buah jeruk, termasuk jeruk Maroko alias jeruk keprok, bisa memberikan manfaat bagi mereka yang didiagnosis diabetes tipe 2. Sebab penyakit ini berhubungan dengan stres oksidatif dan peradangan akibat radikal bebas.

jeruk maroko berukuran sedang (diameter sekitar 2 ½ inci) memiliki berat sekitar 88 gram, dan mengandung:

  • Kalori: 47
  • Protein : 0,7 gram
  • Lemak : 0,3 gram
  • Karbohidrat : 12 gram
  • Serat : 1,6 gram
  • Gula : 9,3 gram

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama